CK Cybers Time

Monday, June 11, 2007

Network Storage Disc

Network Storage Disc

Storage-Area Network dan Network-Attached Storage

  1. Network-Attached Storage device

    Network-attached storage (NAS) adalah suatu konsep penyimpanan bersama pada suatu jaringan. NAS berkomunikasi menggunakan Network File Sistem (NFS) untuk UNIX, Common Internet File System (CIFS) untuk Microsoft Windows, FTP, http, dan protokol networking lainnya. NAS membawa kebebasan platform dan meningkatkan kinerja bagi suatu jaringan, seolah-olah adalah suatu dipasang peralatan. NAS device biasanya merupakan dedicated single-purpose machine. NAS dimaksudkan untuk berdiri sendiri dan melayani kebutuhan penyimpanan yang spesifik dengan sistem operasi mereka dan hardware/software yang terkait. NAS mirip dengan alat plug-and-play, akan tetapi manfaatnya adalah untuk melayani kebutuhan penyimpanan. NAS cocok digunakan untuk melayani network yang memiliki banyak client, server, dan operasi yang mungkin menangani task seperti web cache dan proxy, firewall, audio-video streeming, tape backup, dan penyimpanan data dengan file serving.

  2. Network-Attached Storage Versus Storage Area Networks

    NAS dan Storage-Area Network (SAN) memiliki sejumlah atribut umum. Kedua-Duanya menyediakan konsolidasi optimal, penyimpanan data yang dipusatkan, dan akses berkas yang efisien. Kedua-Duanya mengijinkan untuk berbagi storage antar host, mendukung berbagai sistem operasi yang berbeda pada waktu yang sama, dan memisahkan storage dari server aplikasi. Sebagai tambahan, kedua- duanya dapat menyediakan ketersediaan data yang tinggi dan dapat memastikan integritas dengan banyak komponen dan Redundant Arrays of Independent Disk (RAID). Banyak yang berpendapat bahwa NAS adalah saingan dari SAN, akan tetapi keduanya dalam kenyataannya dapat bekerja dengan cukup baik ketika digunakan bersama.

    NAS dan SAN menghadirkan dua teknologi penyimpanan yang berbeda dan menghubungkan jaringan pada tempat yang sangat berbeda. NAS berada diantar server aplikasi dan sistem berkas (lihat Gambar 1). SAN berada diantar sistem berkas dan mendasari physical storage (lihat Gambar 2). SAN merupaka jaringan itu sendiri, menghubungkan semua storage dan semua server. Karena pertimbangan ini, masing-masing mendukung kebutuhan penyimpanan dari area bisnis yang berbeda.

  3. NAS : Memikirkan Pengguna Jaringan

    NAS adalah network-centric. Biasanya digunakan Untuk konsolidasi penyimpanan client pada suatu LAN, NAS lebih disukai dalam solusi kapasitas penyimpanan untuk memungkinkan client untuk mengakses berkas dengan cepat dan secara langsung. Hal ini menghapuskan bottleneck user ketika mengakses berkas dari suatu general-purpose server.

    NAS menyediakan keamanan dan melaksanakan semua berkas dan storage service melalui protokol standard network, menggunakan TCP/IP untuk transfer data, Ethernet Dan Gigabit Ethernet untuk media akses, dan CIFS, http, dan NFS untuk remote file service. Sebagai tambahan, NAS dapat melayani UNIX dan Microsoft Windows user untuk berbagi data yang sama antar arsitektur yang berbeda. Untuk user client, NAS adalah teknologi pilihan untuk menyediakan penyimpanan dengan akses unen-cumbered ke berkas.

    Walaupun NAS menukar kinerja untuk manajebilitas dan kesederhanaan, bukan merupakan lazy technology. Gigabit Ethernet mengijinkan NAS untuk memilih kinerja yang tinggi dan latensi yang rendah, sehingga mungkin untuk mendukung banyak sekali client melalui suatu antarmuka tunggal. Banyak NAS devices yang mendukung berbagai antarmuka dan dapat mendukung berbagai jaringan pada waktu yang sama.

  4. SAN : Memikirkan Back-End/Kebutuhan Ruang Penyimpanan Komputer

    SAN adalah data-centric, jaringan khusus penyimpanan data. Tidak sama dengan NAS, SAN terpisah dari traditional LAN atau messaging network. Oleh karena itu, SAN bisa menghindari lalu lintar jaringan standar, yang sering menghambat kinerja. SAN dengan fibre channel lebih meningkatkan kinerja dan pengurangan latency dengan menggabungkan keuntungan I/O channel dengan suatu jaringan dedicated yang berbeda.

    SAN menggunakan gateway, switch, dan router untuk memudahkan pergerakan data antar sarana penyimpanan dan server yang heterogen. Ini mengijinkan untuk menghubungkan kedua jaringan dan potensi untuk semi-remote storage (memungkinkan hingga jarak 10km) ke storage management effort. Arsitektur SAN optimal untuk memindahkan storage block. Di dalam ruang komputer, SAN adalah pilihan yang lebih disukai untuk menujukan isu bandwidth dan data aksesibilitas seperti halnya untuk menangani konsolidasi.

    Dalam kaitan dengan teknologi dan tujuan mereka yang berbeda,salah satu maupun kedua-duanya dapat digunakan untuk kebutuhan penyimpanan. Dalam kenyataannya, batas antara keduanya samar sedikit menurut Kelompok Penilai, Analis Inc.. Sebagai contoh, dalam aplikasinya anda boleh memilih untuk mem-backup NAS device anda dengan SAN, atau menyertakan NAS device secara langsung ke SAN untuk mengijinkan non-bottlenecked access segera ke storage. (Sumber: An Overview of Network-Attached Storage, ¨ 2000, Evaluator Group, Inc.)

Implementasi Penyimpanan Stabil

Pada bagian sebelumnya, kita sudah membicarakan mengenai write-ahead log, yang membutuhkan ketersediaan sebuah storage yang stabil. Berdasarkan definisi, informasi yang berada di dalam stable storage tidak akan pernah hilang. Untuk mengimplementasikan storage seperti itu, kita perlu mereplikasi informasi yang dibutuhkan ke banyak peralatan storage (biasanya disk-disk) dengan failure modes yang independen. Kita perlu mengkoordinasikan penulisan update-update dalam sebuah cara yang menjamin bila terjadi kegagalan selagi meng-update tidak akan membuat semua kopi yang ada menjadi rusak, dan bila sedang recover dari sebuah kegagalan, kita bisa memaksa semua kopi yang ada ke dalam keadaan yang bernilai benar dan konsisten, bahkan bila ada kegagalan lain yang terjadi ketika sedang recovery. Untuk selanjutnya, kita akan membahas bagaimana kita bisa mencapai kebutuhan kita.

Sebuah disk write menyebabkan satu dari tiga kemungkinan:

  1. successful completion

  2. partial failure

  3. total failure

Kita memerlukan, kapan pun sebuah kegagalan terjadi ketika sedang menulis ke sebuah blok, sistem akan mendeteksinya dan memanggil sebuah prosedur recovery untuk me-restore blok tersebut ke sebuah keadaan yang konsisten. Untuk melakukan itu, sistem harus menangani dua blok physical untuk setiap blok logical. Sebuah operasi output dieksekusi seperti berikut:

  1. Tulis informasinya ke blok physical yang pertama.

  2. Ketika penulisan pertama berhasil, tulis informasi yang sama ke blok physical yang kedua.

  3. Operasi dikatakan berhasil hanya jika penulisan kedua berhasil.

Pada saat perbaikan dari sebuah kegagalan, setiap pasang blok physical diperiksa. Jika keduanya sama dan tidak terdeteksi adanya kesalahan, tetapi berbeda dalam isi, maka kita mengganti isi dari blok yang pertama dengan isi dari blok yang kedua. Prosedur recovery seperti ini memastikan bahwa sebuah penulisan ke stable storage akan sukses atau tidak ada perubahan sama sekali.

Kita bisa menambah fungsi prosedur ini dengan mudah untuk memboleh kan penggunaan dari kopi yang banyak dari setiap blok pada stable storage. Meski pun sejumlah besar kopi semakin mengurangi kemungkin an untuk terjadinya sebuah kegagalan, maka biasanya wajar untuk men simulasi stable storage hanya dengan dua kopi. Data di dalam stable storage dijamin aman kecuali sebuah kegagalan menghancurkan semua kopi yang ada.