CK Cybers Time

Wednesday, June 6, 2007

Network Storage ( 3 )

Apakah Storage Area Network (SAN)?
Dari segi teknologi, SAN tidak banyak yang berbeda dengan NAS. Hanya saja, yang menjadi perbedaan utama dan yang paling menonjol adalah perbedaan mekanisme transfer datanya. Mekanisme transfer data dari perangkat komputer penggunanya menuju ke media penyimpanan dalam sistem SAN tidak dilakukan dalam tingkatan file-level melainkan dalam tingkat block level.

SAN biasanya menggunakan Fiber channel atau ethernet (iSCSI) sebagai koneksi antara perangkat pengguna dengan media penyimpanannya karena secara fisik perangkat komputer dengan media penyimpanannya kini sudah menjadi bagian yang terpisah. Kini keduanya memiliki hubungan sebagai “peer” yang dapat saling berkomunikasi dengan bebas dengan siapapun. Keuntungan adanya sistem seperti ini adalah media penyimpanan jadi dapat digunakan oleh siapa saja, data didalamnya bisa diakses oleh banyak orang, dan dengan sistem SAN yang rapi maka media penyimpanan ini memiliki tingkat availabilitas yang tinggi.

Sistem storage SAN biasanya berada dalam segmen jaringan yang terpisah dengan LAN yang sehari-hari digunakan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi interferensi dengan komunikasi-komunikasi lainnya dalam jaringan lokal, sehingga proses transfer data apalagi blok data yang sensitif terhadap latensi tidak terganggu. Karakteristik sistem seperti ini sangat berguna bagi perusahaan besar yang mengandalkan pemrosesan data digital dalam jumlah yang sangat besar. Dengan mengonsentrasikan penyimpanan data pada sebuah area khusus dan didukung media komunikasi yang cepat, data besar Anda tidak lagi jadi masalah untuk disimpan maupun diakses.

Pilih Solusi yang Tepat
Kebutuhan sistem storage saat ini memang tidak bisa ditunda-tunda. Semakin mekarnya kehidupan digital, semakin penting teknologi system storage beserta media penyimpanannya untuk diperhatikan. Perkembangan teknologi storage masih akan terus berlanjut, tidak hanya terbatas pada ketiga sistem ini saja. Aplikasinya pun akan semakin bermacam-macam. Maka dari itu, jika Anda memang sangat membutuhkan media penyimpanan beserta sistem storage-nya, hati-hatilah dalam memilih. Pilih sistem network storage yang sesuai dengan karakteristik penggunaan dan kebutuhan Anda.

Semoga Berguna!

LEBIH LANJUT
www.serverworldmagazine.com/webpapers/2000/03_mti.shtml