CK Cybers Time

Wednesday, May 2, 2007

Internet Bus

Pemkot Surabaya Luncurkan Bus Full Internet
Budi Hartadi - detikInet


Suasana di dalam bus MTU (bdh/dtc)


Surabaya
, Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Pemerintah Kota Surabaya meresmikan bus Mobile Training Unit (MTU) di Balaikota Surabaya, Rabu (2/5/2007). Di dalam bus yang berisi 20 unit laptop nantinya beroperasi keliling ke sekolah-sekolah dasar.

Peresmian bus MTU dilakukan oleh walikota Surabaya Bambang DH. Dalam kesempatan tersebut SDN Ketabang V Surabaya mendapat kesempatan pertama untuk mencoba fasilitas tersebut. Para siswa pun dengan semangat langsung menikmati koneksi internet. Sebagian besar membuka mesin pencari Google.

Selain siswa SD yang demen internet, Walikota Bambang DH pun ikut menjajal fasilitas. Mengambil posisi duduk di samping seorang siswa, Bambang terlihat asik mengklak-klik situs. Bambang nampaknya hanya tertarik membuka website milik pemkot sendiri. Tak ketinggalan, pejabat muspida lain juga berkesempatan mencoba layanan internet di bus tersebut.

"Saya sudah bisa mengoperasikan komputer. Tapi, kalau internet baru kali ini," kata Arun siswa kelas 5 SDN Ketabang V saat berbincang dengan detikcom di dalam bus MTU di halaman Pemkot Surabaya, Rabu (2/5/2007).

Arun menambahkan, dengan adanya fasilitas ini dia dan kawan-kawannya berharap nantinya dapat belajar banyak tentang internet dari mobil ini.

Sementara itu, Wiyono staf operasi MTU mengatakan, setelah bus modern ini diresmikan, pengelolaanya nanti akan diserahkan ke SMK I Surabaya. Nantinya bus ini tiap hari akan berkeliling ke SD-SD yang ada di Surabaya.

"Namun waktunya nanti akan ditentukan. Biar semua sekolah bisa menikmati fasilitas internet ini," Ujar Wiyono. Mobile Training Unit (MTU) milik Dinas Pendidikan Pemkot Surabaya memiliki 20 Unit komputer serta 1 layar lebar yang digunakan memandu para pelajar dalam mengoperasikan internet.