CK Cybers Time

Monday, April 16, 2007

Jaringan Internet Luar Angkasa

Jakarta, Amerika Serikat (AS) mempersiapkan jaringan Internet di luar angkasa. Satelit pembawa router akan diluncurkan.

Proyek yang digagas Departemen Pertahanan AS ini dinamai Internet Routing in Space (IRIS). Proyek ini bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi suara, video dan data untuk keperluan militer AS.

Proyek ini merupakan satu dari tujuh proyek pengembangan teknologi yang didanai JCDT (Joint Capability Technology Demonstration), salah satu badan di Departemen Pertahanan.

IRIS akan dikelola oleh perusahaan satelit komersil Intelsat General. Perangkat router luar angkasa akan dikembangkan oleh SEAKR Engineering. Sementara Cisco Systems akan mengembangkan software routing.

Router merupakan perangkat pembawa paket-paket informasi ke alamat-alamat tertentu di jaringan.

"IRIS meluaskan jaringan Internet sampai ke luar angkasa, mengintegrasikan sistem satelit dan infrastruktur di darat bagi para serdadu perang, gugus depan dan kalangan lain yang butuh komunikasi instan dan lancar," kata Bill Shernit, President dan CEO Intelsat General, seperti dikutip Senin (16/4/2007) dari USAToday.

Satelit pembawa router, IS-14, akan diluncurkan pada kuartal pertama 2009. Satelit akan ditempatkan di orbit geostasioner pada 45 derajat bujur barat, dengan jangkauan sampai ke Eropa, Afrika dan Amerika.


Source : detikINET