CK Cybers Time

Monday, August 13, 2007

CCTV Awasi Jakarta

Jakarta, Sejumlah titik rawan dan tempat strategis di DKI Jakarta telah diawasi kamera closed-circuit television (CCTV). Dari 160 kamera yang direncanakan, 100 di antaranya telah beroperasi dan dikendalikan operator Crisis Center DKI Jakarta.

Sebanyak 25 operator yang berasal dari Dinas Trantib akan berkoordinasi dengan seluruh dinas di lingkungan Pemprov DKI dalam proses pemberian informasi.

Mereka dilatih langsung oleh guru-guru dari sekolah tinggi pemadam kebakaran Prancis.

"Saya bangga dan berterimakasih pada Prancis yang telah memberi sarana, prasarana dan teknologi canggih. Diharapkan kita bisa hadapi bencana besar," kata Sekretaris Daerah Pemprov DKI Ritola Tasmaya.

Hal itu dia sampaikan saat menutup pelatihan operator pengendali operasional penanggulangan bencana di Crisis Center Penanggulangan Bencana, Gedung Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2007).

Sebelumnya, RI dan Prancis telah menandatangani MoU untuk penguatan kapasitas manajemen kebencanaan. Pemerintah Prancis memberi bantuan peralatan. Antara lain berupa alat komunikasi yang memiliki fungsi berlapis, seperti internet dan telepon satelit.

"Total seluruhnya dana yang dikeluarkan 5 juta euro untuk 7 lokasi," kata International Project Manager Civipol Counsel, Bruno Maestracci.

Ketujuh wilayah itu meliputi Jakarta (Bakornas dan Balaikota), Padang dan Banda Aceh. 3 Kota yang akan menyusul Jambi, Bali, dan Yogyakarta.



Source : DetikInet